4 Cara Jitu Untuk Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

4 Cara Jitu Untuk Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Bagi kamu yang belum terbiasa bangun bagi dan yang tidak bisa meninggalkan bantal dan guling dari pelukanmu.

Sebagian besar dari kita pasti pernah yang namanya mengantuk di pagi hari dan seakan merasa enggan untuk memulai aktivitas dan justru ingin kembali tidur lagi. Mengantuk adalah hal yang wajar, apalagi kalau tubuh merasa letih dan lelah. Hanya saja, hal ini bisa berbahaya bagi kita ketika rasa ngantuk dialami saat sedang belajar di sekolah atau saat bekerja.

Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang cukup ampuh bagi Anda. Supaya tidak merugikan diri sendiri, Anda perlu menyiasati kondisi ngantuk di pagi hari, apalagi kalau sudah sangat sering dialami. Berikut ini adalah beberapa cara yang layak dilirik dan dilakukan.

1. Mengatur Kualitas Tidur Malam

Pastikan Anda mendapatkan tidur cukup di malam hari agar di pagi hari rasa ngantuk tidak timbul. Tidur yang paling berkualitas adalah 7-9 jam per harinya, jadi kalau terlalu sering kurang tidur maka tentu pagi saat bangun akan merasa lebih gampang ngantuk. Pastikan juga menghindari begadang yang bisa mengurangi durasi tidur seharusnya.

2. Menjauhkan Diri dari Alat Elektronik sebelum Tidur

Sebelum tidur, ada baiknya juga untuk menghindari yang namanya alat-alat elektronik, terutama ponsel dan komputer. Bahkan TV dan alat lainnya yang beradiasi tinggi sebaiknya dihindari. Ini karena alat-alat elektronik tersebut mampu memicu rasa cepat lelah pada tubuh kita.

Bagi yang tengah kecanduan memakai smartphone, sebaiknya batasi penggunaan di mana sebelum tidur Anda sudah mematikannya dan menjauhkannya dari posisi Anda tidur. Ini karena radiasi smartphone dapat menjadi penyebab kualitas tidur yang berkurang. Selain pilihan mematikannya, Anda bisa mengaturnya pada airplane mode saja.

3. Mematikan Lampu sebelum Tidur

Setiap sebelum tidur, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mematikan lampu karena cahaya lampu yang sangat terang bisa mengganggu tidur. Tak hanya itu, cahaya lampu yang terlalu terang bakal membuat kinerja mata lebih keras sehingga akan lebih susah tidur. Untuk intensitasi cahaya yang lebih rendah, Anda bisa coba menggunakan lampu tidur saja.

4. Selalu Sarapan

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari karena ketika perut terisi dengan sarapan, otomatis tubuh akan lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas. Hanya saja, jangan juga makan terlalu banyak, khususnya makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena mampu membuat kita makin ngantuk nantinya. Mengonsumsi susu, sereal, roti gandum, serta buah-buahan seperti pisang dan pepaya lebih disarankan.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 3 Tanda Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Kunjungi PP Muhammadiyah Prabowo-Sandi Mendapatkan 6 Poin Perihal Agenda Strategis

Mujahidah dan Emak-emak Mendeklarasikan untuk Dukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019