Inilah 5 Cara Paling Ampuh untuk Mengusir Kesepian

Inilah 5 Cara Paling Ampuh untuk Mengusir Kesepian


Salah satu hal perasaan yang mengganggu adalah rasa kesepian. Seseorang akan merasa kesepian ketika merasa tidak dicintai dan beranggapan dirinya tidak dibutuhkan lagi di dunia ini.

Walau di jaman digital ini banyak yang bisa kamu lakukan seperti chat dengan teman dan menonton video, Tetapi tanpa kamu sadari kamu malah menjadi kurang dalam hal berkontak langsung dengan orang lain.

Rasa kesepian akan datang jika kamu tidak bangkit dari kesepian ini, dan rasa itu bisa dari mana saja bahkan dikeramaian sekalipun. Tetapi jangan berhati kecil karena saya akan memberikan lima cara andalan untuk mengusir rasa kesepian sebagai berikut:

1. Buat rencana untuk melawan kesepian

Setelah menerima dan menyadari segala hal tentang kesepian yang kita alami, sekarang saatnya membuat rencana untuk melawan dan mengatasi kesepian tersebut.
Kadang, obat untuk mengatasi kesepian itu sederhana. Misalnya duduk santai bersama keluarga atau teman sambil minum teh dan mengobrol soal kekhawatiran dan kegalauan saat ini. Meskipun setiap hari Akita bertemu dengan anggota keluarga, mungkin yang kita butuhkan adalah waktu berkualitas bersama, tanpa gangguan sama sekali, untuk bisa mengusir kesepian.
Jika orang-orang terdekat tidak mendukung, cobalah untuk “melebarkan sayap”. Misalnya dengan bergabung di sebuah komunitas baru, ikut kursus keterampilan supaya bisa bertemu dengan orang-orang baru, atau curhat dengan terapis.

2. Berinteraksi dengan orang lain

Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tidak kesepian, Caranya adalah kamu berinteraksi dengan orang lain dan bersosial selain itu juga kamu bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi yang baik baik saja agar kamu tidak merasa kesepian.

3. Jujurlah pada diri sendiri

Banyak orang yang secara naluriah mencoba lari dari kesepian. Mereka menyangkal bahwa mereka kesepian dan mencoba mengalihkannya dengan tidur seharian, menonton TV, dan serangkaian hal lainnya.

Menyibukkan diri tanpa menerima bahwa kita memang merasa kesepian tidak akan berhasil dilakukan. Mungkin berhasil, tapi hanya untuk sesaat, bukan sebagai solusi jangka panjang. Kekosongan yang kita rasakan justru akan terus terasa jika terus menerus lari dan menyangkal.
Studi yang ditulis oleh Ami Rokach menyatakan bahwa penerimaan dan refleksi diri menjadi salah satu cara untuk mengubah dampak negatif kesepian menjadi sesuatu yang lebih positif.

Apa yang perlu direfleksikan supaya bisa mengatasi kesepian? Di antaranya adalah penyebab merasa kesepian, misalnya karena orang-orang di sekitar kita tampak sedang bahagia sekali dan punya kesibukan masing-masing, sementara kita sedang merasa terpuruk. Kemudian, cari tahu juga situasi atau waktu seperti apa yang biasanya memicu rasa kesepian.

Contohnya ketika kita pulang dari sekolah, kampus, atau kantor dan tidak ada orang yang menyambut. Dari situ, kita akan belajar untuk memperbaiki pandangan terhadap hidup kita dan pelan-pelan mengusir rasa kesepian dalam hati.

4. Sadarilah bahwa kesepian itu bisa dilawan

Saat merasa kesepian, tandanya ada sesuatu yang memicu ingatan kita akan perasaan menyakitkan, menakutkan, dan kehampaan yang membuat kita merasa sendirian. Otak dirancang untuk memperhatikan rasa sakit dan bahaya, termasuk perasaan menakutkan dan menyakitkan.
Oleh karena itu, saat merasa kesepian, otak mengirimkan sinyal yang membuatnya mendominasi perasaan kita. Namun, kita harus segera tersadar bahwa pada dasarnya kesepian adalah kondisi emosi yang muncul dari dalam diri berdasarkan persepsi kita sendiri. Kesepian bisa kita lawan, jangan hanya ditunggu sampai keadaan membaik sendiri.

5. Hidupkan kembali hobimu

Selain ke empat hal yang diatas kamu juga bisa menghidupkan kembali hobimu, Karena dengan ini kamu tidak akan merasakan kesepian lagi. Contohnya seperti kamu hobi fotographer, bermain futsal, bermain game online dll.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 3 Tanda Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Kunjungi PP Muhammadiyah Prabowo-Sandi Mendapatkan 6 Poin Perihal Agenda Strategis

Mujahidah dan Emak-emak Mendeklarasikan untuk Dukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019